June 20, 2024

Daftar Negara Pemilik Senjata Nuklir di Dunia

Senjata nuklir adalah salah satu jenis senjata paling kontroversial phoneframes.online dan kuat yang ada di dunia. Keberadaan senjata ini menciptakan dinamika politik dan keamanan international yang rumit. Berikut adalah daftar negara-negara yang diketahui memiliki kemampuan nuklir, baik sebagai anggota resmi atau sebagai negara yang diduga memiliki senjata nuklir.

  1. Amerika Serikat (AS): Sebagai satu-satunya negara yang pernah menggunakan senjata nuklir dalam konflik, AS memegang posisi unik dalam isu ini. Mereka memiliki arsena senjata nuklir yang sangat besar dan merupakan anggota Tetap Dewan Keamanan PBB.
  2. Rusia: Mantan bagian dari Uni Soviet, Rusia mewarisi standing sebagai negara pemilik senjata nuklir. Sebagai negara penerus Uni Soviet, Rusia memiliki jumlah senjata nuklir yang signifikan.
  3. China: China, sebagai anggota Dewan Keamanan PBB, memiliki senjata nuklir dan telah mengembangkan program nuklirnya sejak tahun 1964. Negara ini mengadopsi kebijakan “No First Use,” yang berarti mereka tidak akan menggunakan senjata nuklir kecuali diserang.
  4. Prancis: Prancis memiliki sejarah panjang dalam pengembangan senjata nuklir dan menjadi anggota resmi klub senjata nuklir pada tahun 1960. Mereka memiliki kebijakan “Power de Frappe” yang menekankan kemampuan untuk merespons ancaman dengan kekuatan nuklir.
  5. Inggris: Sebagai bagian dari sekutu NATO, Inggris memiliki senjata nuklir dan telah menyatakan komitmen mereka terhadap pemeliharaan program nuklirnya. Inggris berpartisipasi dalam program kebijakan “Steady At-Sea Deterrence” yang melibatkan kapal selam nuklir.
  6. India: India bukan anggota resmi NPT (Non-Proliferation Treaty), tetapi mereka memiliki senjata nuklir. India mengembangkan program nuklirnya atas dasar keamanan nasional dan telah mengadopsi kebijakan “No First Use.”
  7. Pakistan: Seperti India, Pakistan bukan anggota resmi NPT dan memiliki senjata nuklir. Kedua negara ini telah terlibat dalam perlombaan senjata nuklir sejak tahun 1998.
  8. Korea Utara: Korea Utara menjadi salah satu negara yang secara terbuka mengembangkan senjata nuklir dan telah melakukan uji coba nuklir. Langkah-langkah ini telah menciptakan ketegangan di tingkat regional dan internasional.

Perlu dicatat bahwa beberapa negara lain juga dapat memiliki kemampuan nuklir atau memiliki ambisi untuk mengembangkan senjata nuklir. Isu senjata nuklir merupakan topik yang sangat kompleks dan memiliki dampak signifikan terhadap keamanan international. Keberadaan senjata ini mengingatkan kita akan pentingnya diplomasi, kesepakatan internasional, dan upaya untuk mencapai dunia yang bebas dari senjata nuklir.