May 18, 2024

Usaha modis Metropolitan Museum of Artwork berikutnya telah terungkap — dan kali ini, fokusnya adalah pada pemberdayaan perempuan.

Diumumkan hari ini, pameran Institut Kostum musim gugur 2023 di museum, “Ladies Designing Ladies,” akan merayakan pencapaian dan kreativitas perancang busana wanita. Diadakan mulai 7 Desember hingga 3 Maret, pameran baru ini diselenggarakan oleh kurator asosiasi Mellissa Huber dan kurator tamu Karen Van Godtsenhoven di gedung Pusat Kostum Anna Wintour, serta Galeri Lizzie dan Jonathan Tisch serta Carl dan Iris Barrel Apfel .

Prada, pekan mode Milan
Remaining peragaan busana siap pakai Prada musim gugur 2023 pada 23 Februari 2023, di Milan, Italia. Gamma-Rapho melalui Getty Photos

“Perempuan telah berperan penting dalam keberhasilan The Costume Institute sejak awal berdirinya—anggota pendirinya mencakup beberapa perempuan inspiratif—dan departemen ini tetap berdedikasi untuk mengakui pencapaian artistik, teknis, dan sosial perempuan,” kata Andrew Bolton, dari Costume Institute. Kurator Wendy Yu yang bertanggung jawab, dalam sebuah pernyataan. “Kami menantikan kesempatan ini untuk menghormati banyak desainer, donor, dan cendekiawan yang telah berkontribusi dalam membentuk The Costume Institute dan, lebih luas lagi, sejarah mode.”

Cerita Terkait

LUBBOCK, TEXAS - 29 OKTOBER: Patrick Mahomes II dilantik ke dalam Cincin Kehormatan Texas Tech Red Raiders pada jeda pertandingan melawan Baylor Bears di Stadion Jones AT&T pada 29 Oktober 2022 di Lubbock, Texas.  (Foto oleh Josh Hedges/Getty Images)

Istri Patrick Mahomes, Brittany, Memasangkan Sepatu Tempur Prada Dengan Rok Lipit untuk Permainan Kansas Metropolis Chiefs

Eiza Gonzalez, Prada, sepatu pantofel, kotak-kotak, bodysuit.

Eiza Gonzalez Tampil Rapi dengan Sepatu Prada Kulit dan Rok Mini Kotak-kotak

Pameran ini sendiri menyoroti empat tema – anonimitas, visibilitas, agensi, dan ketidakhadiran – untuk mengkaji bagaimana kehadiran perempuan dalam masyarakat telah bertransformasi melalui fesyen, serta perluasan peran desainer perempuan dalam industri ini. Dengan kontribusi dari Morgan Stanley, pameran terakhir akan mencakup sekitar 80 karya yang menampilkan desainer pakaian wanita mapan dan kurang terkenal dari tahun 1900-an hingga saat ini, termasuk Miuccia Prada, Rei Kawakubo dari Comme des Garcons, Vivienne Westwood, Ann Lowe dan Gabriela Hearst, di antara banyak lainnya.

Vivienne Westwood, meninggal, berita kematian
Vivienne Westwood dan para mannequin berjalan di landasan pacu selama pertunjukan siap pakai musim gugur 2011 selama Paris Trend Week di Pavillon Concorde pada 4 Maret 2011, di Paris. Gambar Getty

“Pameran musim gugur kami akan memberikan kesempatan untuk terlibat dengan sejarah kritis para desainer wanita inovatif, yang semuanya memainkan peran penting dalam konsep fesyen seperti yang kita kenal sekarang,” kata Huber dalam sebuah pernyataan. “Menyadari bahwa kontribusi perempuan terhadap fesyen tidak dapat diukur, niat kami dengan pertunjukan ini adalah untuk merayakan dan mengakui melalui fokus pada koleksi permanen The Costume Institute, yang mewakili sejarah mode Barat yang kaya. Kami berharap pameran ini akan mendorong perbincangan yang berdampak antara pengunjung kami dan seluruh karya para desainer, menyoroti pluralitas dan keragaman kontribusi penting perempuan di bidang ini.”

Dalam pameran tersebut, karya-karya yang dipamerkan akan menggambarkan transformasi desainer wanita di rumah mode Paris pada awal abad ke-20 hingga politisasi mode pada tahun 1960an, yang diakhiri dengan kembalinya pengakuan terhadap desainer anonim dan bintang baru di bidang tersebut saat ini. Pakaian-pakaian yang ditampilkan akan mencakup karya-karya bersejarah karya Adèle Henriette Nigrin Fortuny dan Anne Lowe, desain inovatif karya Gabrielle Chanel dan Sarah Burton, serta karya-karya dari koleksi Met yang ekstensif karya Miuccia Prada dan Elsa Schiaparelli, serta masih banyak lagi.

Masa depan fesyen juga akan ditampilkan dengan karya-karya kontemporer oleh para desainer termasuk Iris Van Herpen, Hillary Taymour dari Collina Strada, Simone Rocha, dan Marine Serre.

Collina Strada, Hillary Tyamour, NYFW, New York Fashion Week, desainer, perancang busana, desainer wanita, perancang busana wanita
Seorang mannequin berjalan di peragaan busana musim gugur 2023 Collina Strada selama New York Trend Week di New York Metropolis pada 10 Februari 2023.
Gambar Albert Urso/Getty

Belum ada program atau acara terkait pameran yang diumumkan saat ini, termasuk potensi Met Gala kedua pada tahun 2023. Namun, pihak museum menyatakan bahwa informasi mengenai acara terkait pameran akan dibagikan akhir tahun ini.

Tentang Penulis:

Aaron Royce adalah Editor Digital untuk Berita Alas Kaki, tempat dia menulis cerita tentang gaya selebriti, kolaborasi merek, dan wawancara profil mendalam. Sebelum bergabung dengan Footwear Information, Aaron menulis dan magang untuk publikasi termasuk KERTAS, Grazia dan Each day Entrance Row. Dia saat ini memegang gelar BS di bidang komunikasi massa dari Virginia Commonwealth College.

Rihanna di Met Gala 2023: Karl Lagerfeld: A Line of Beauty yang diadakan di Metropolitan Museum of Art pada tanggal 1 Mei 2023 di New York, New York.

Karpet Merah Met Gala: Foto Semua Kedatangan, Pembaruan Langsung

Lihat Galeri155 Gambar

https://mengapa.uk/